Perbedaan Arsitek dan Kontraktor

tips membangun rumah

Perbedaan Arsitek dan Kontraktor

Ketika rumah yang anda idamkan akan segera dibangun, pasti akan disibukkan dengan perencanaan dan proses pembangunan rumah, mulai dari perhitungan biaya, pemilihan material bangunan, menyewa jasa arsitek medan, kontraktor, tukang bangunan dan mandor. Sebelum melakukan pembangunan rumah sebaiknya anda mengetahui perbedaan antara arsitek dan kontraktor. Kebanyakan orang hanya menggunakan jasa kontraktor saat membangun rumah, mulai dari menggambar desain hingga pelaksanaannya. Padahal pada kenyataannya, keahlian kontraktor saja belum cukup karena belum memiliki semua keahlian yang diperlukan.

 

Peran kontraktor yang sesungguhnya adalah menjalankan kontrak pembangunan dan ini merupakan peran yang sangat penting. Pemilihan kontraktor juga harus benar – benar dicermati, tak jarang banyak masalah yang timbul jika anda memilih kontraktor yang kurang kredibel.

 

Pada artikel ini kita akan membahas tentang perbedaan antara arsitek dan kontraktor dan apa saja peran masing – masing dari kedua profesi ini.

 

Arsitek

 

Arsitek adalah pihak yang membuat rancangan desain bangunan. Arsitek tidak bisa disamakan dengan kontraktor karena kedua profesi ini memiliki background pendidikan dan keahlian yang berbeda serta perannya dalam sebuah pengerjaan proyek bangunan. Arsitek bertugas untuk membuat perencanaan gambar kerja yang akan dipakai sebagai petunjuk oleh kontraktor. Perencanaan ini berupa gambar desain rumah, denahnya, detail, rancangan pondasi, atap, kusen, plumbing, listrik dan sebagainya.

 

Dalam pemilihan arsitek, pilihlah arsitek yang memiliki hasil karya yang bagus dan telah berpengalaman. Kalau hanya untuk membuat desain rumah yang sekedar keren, orang amatir pun bisa melakukannya, tapi dalam hal membuat desain yang tepat guna dan fungsional merupakan keahlian yang dimiliki oleh seorang arsitek berpengalaman. Maka dari itu banyak orang yang rela membayar mahal untuk sebuah desain dari seorang arsitek yang sudah memiliki reputasi, namun tidak sedikit pula yang menganggap profesi arsitek hanya seorang tukang gambar.

 

Kontraktor

 

Kontraktor adalah pihak yang menjalankan proses pembangunan. Mereka lah yang membaca desain perencanaan dari seorang arsitek dan mengubahnya menjadi sebuah bangunan nyata, serta bertanggung jawab terhadap mutu bangunan, metode pekerjaan dan waktu pembangunannya.

 

Biasanya kontraktor juga memiliki tim arsitek internal untuk perencanaan desain. Namun, akan lebih baik jika anda memakai jasa arsitek yang independen tanpa pengaruh kontraktor. Hal positifnya adalah karena arsitek independen tidak akan membuat desain bangunan yang berdasarkan keuntungan proyek. Jika gambar desain dibuat oleh kontraktor ada kemungkinan bahwa desain ini dibuat berdasarkan keuntungan terbanyak yang bisa didapat oleh pihak kontraktor. Apabila kontraktor yang anda pilih adalah seorang arsitek, perhatikanlah apakah pihak tersebut memisahkan dengan jelas antara biaya desain dan kontrak  pengerjaan bangunan.

 

Melalui kontrak kerja, seorang kontraktor terikat oleh hukum dan konsumen dapat menuntut apabila kontraktor tidak memenuhi kewajibannya. Jika saat ini anda memutuskan untuk memakai jasa kontraktor medan, sebaiknya anda memahami betul isi dari kontrak dan berkonsultasi kepada pihak kontraktor.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website