Fakta Pentingnya Desain Interior Rumah

Gaya desain interior minimalis

Fakta Pentingnya Desain Interior Rumah

Tampilan eksterior dari sebuah bangunan sangat bergantung kepada interiornya. Eksterior dari sebuah bangunan merupakan cerminan bagian dalamnya. Walau jarang, desain interior memiliki peranan penting dalam hal ini. Desain yang sempurna adalah hal yang sangat didambakan oleh pemilik rumah. Biasanya, tampilan luar rumah, terutama bagian depan justru menjadi bagian yang paling sering diperhatikan. Maka dari itu banyak yang menganggap bahwa bagian dalam rumah merupakan bagian sekunder saja. Padahal kedua bagian ini sama pentingnya.

 

Sebenarnya seperti apa desain interior itu?

 

Desain interior itu adalah rancangan, perencanaan dan penataan ruangan – ruangan dalam sebuah bangunan. Rancangan yang dapat memenuhi kebutuhan dasar kita sebagai manusia, menentukan tujuan dan mengatur aktivitas kita. Desain interior merupakan seni untuk memperindah interior ruang atau bangunan agar tercipta lingkungan yang lebih sehat dan estetis bagi penghuninya. Oleh sebab itu tujuan desain interior adalah untuk memperkaya nilai estetika dan memperbaiki fungsi serta meningkatkan aspek psikologis sebuah ruangan.

 

Desain bertujuan untuk membuat bagian demi bagian tersusun teratur dan menjadi satu bentuk yang utuh. Dalam bidang desain interior, elemen – elemen dipilih dan disusun menjadi pola tiga dimensi sesuai dengan garis fungsi, estetika dan perilakunya.Pada akhirnya elemen yang terbentuk dari hubungan pola – pola ini menentukan kualitas visual dan fungsi dari suatu interior yang akan mempengaruhi pemahaman dan penggunaannya.

 

Baca juga: Tata Ulang Kamarmu Jika Kondisinya Seperti Ini

 

Manfaat desain interior

 

Banyak orang berpendapat bahwa penataan desain interior rumah tidak begitu penting dan tidak perlu dipikirkan dengan serius. Padahal sebenarnya desain interior rumah memiliki efek dan pengaruh yang bagus untuk penghuni rumah. Salah satu manfaat desain interior ini sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh dan mental. Tidak jarang juga kita membeli furniture tanpa merencanakan rancangan interior sehingga malah membuat ruangan terasa sesak dan tidak enak dilihat. Tanpa adanya kesatuan warna, pola dan bentuk yang selaras antara ruangan dan furniture membuat  kenyamanan pada ruangan menjadi hilang.

 

Ada juga orang – orang yang terlalu banyak menghabiskan dana untuk mempercantik tampilan luar atau eksterior sehingga pada akhirnya tidak lagi memiliki cukup dana untuk penataan interior rumah. Padahal kita lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan daripada di luar. Secara fisiologis dan psikologis, kesehatan tubuh dan mental seseorang dapat terpengaruh oleh suasana dan nuansa desain interior yang baik dan sempurna. Hasil terbaik bisa didapatkan dari salah satu elemen dasar desain, yaitu warna. Faktanya sistem endokrin tubuh manusia dapat dipengaruhi secara langsung oleh warna.

 

Kita lebih banyak melakukan aktifitas di dalam rumah daripada di bagian luar rumah. Namun, seringkali suatu bangunan hanya terlihat indah dari luarnya saja dan bagian dalamnya tidak tertata dengan baik dikarenakan si pemilik rumah terlalu fokus memaksimalkan tampilan eksteriornya sehingga tanpa disadari, rasa tidak nyaman bersumber dari rumah itu sendiri.

 

Kesimpulan

 

Fakta bahwa kita lebih sering berada di dalam ruangan menjadi alasan bahwa desain interior sangatlah penting dan perlu diketahui juga bahwa desain interior bukanlah dibuat untuk dipamerkan ke orang lain, tetapi untuk dinikmati dan diambil manfaatnya untuk diri sendiri. Seni dan teknik desain interior yang baik dan sempurna akan menimbulkan rasa nyaman, tenang dan aman. Selain itu menata ruang akan memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan mental dan tubuh. Oleh karena itu, untuk mendapatkan desain interior yang baik dibutuhkan Jasa Desain Interior Medan yang profesional di bidang ini.

 

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website