7 Teknik Pencahayaan Rumah yang Keren

7 Teknik Pencahayaan Rumah yang Keren

Penglihatan adalah indra manusia yang paling dominan. Sehari – hari kita dikelilingi oleh pencahayaan di sekitar kita, baik yang alami maupun buatan. Penglihatan memaknai sumber cahaya yang berbeda seperti matahari pagi yang hangat, kunang – kunang di malam hari, warna – warni lampu kota.

 

Elemen pencahayaan merupakan salah satu elemen yang cukup sering dilupakan, namun pengaruhnya dalam arsitektur dan desain interior sangatlah besar. Tidak ada gunanya membuat rumah dengan ruangan yang mewah jika tidak ada cukup cahaya untuk menikmati keindahannya. Cahaya juga sangat penting untuk menciptakan skala ruang, membentuk suasana dan sensasi sebuah ruang.

 

Desain pencahayaan yang baik memiliki tiga unsur pencahayaan utama, yaitu ambient, fungsi dan aksen. Seorang arsitek membuat rencana pencahayaan berdasarkan kebutuhan ruang individu atau kelompok dan membuat cahaya yang seimbang untuk mencapai efek cahaya yang diinginkan.

 

Berikut ini adalah trik yang dapat dipertimbangkan untuk menentukan bagaimana menentukan pencahayaan di rumah anda.

 

Pola Acak

 

Pencahayaan pola acak akan menjadi sangat praktis ketika cahaya diperlukan seperti pada pengerjaan interior ruang tamu misalnya. Untuk menghasilkan efek dramatis yang luar biasa anda dapat menggunakan pendekatan yang lebih berani. Cobalah untuk memadukan pola pencahayaan yang teratur sehingga memunculkan pola yang acak agar penataan cahaya tidak terlihat berantakan.

 

Maksimalkan Cahaya Alami

 

Dalam pencahayaan ruangan, cahaya yang alami akan lebih unggul. Hal ini dikarenakan cahaya  alami memiliki spektrum penuh, terdiri dari beberapa unsur dengan panjang gelombang warna yang hampir sama. Cahaya alami adalah yang paling sesuai dengan indra penglihatan manusia karena secara intuitif kita dapat menyadari perubahan waktu lewat perubahan cahaya.

 

Garis Hiasan Lampu

 

Detail yang terkait dengan lampu tersembunyi ini adalah hal paling sering diabaikan saat lampu tidak menyala. Garis hiasan lampu yang menghubungkan lampu dengan soketnya dapat menjadi sebuah objek yang sangat mencolok di langit – langit ruangan. Jika langit – langit ruangan anda berwarna gelap, pakailah soket lampu yang berwarna lebih terang untuk menimbulkan kesan geometris.

 

Bentuk Lampu yang Unik

 

Lampu dengan bentuk bulat adalah hal biasa, padahal masih banyak bentuk lampu yang unik di luar sana. Lampu dengan bentuk persegi cocok dengan unsur geometris yang dominan pada langit – langit ruangan. Anda dapat memakai teknik ini untuk penataan cahaya yang tersembunyi, lampu dinding, lampu gantung dan lain sebagainya.

 

Cahaya Background

 

Pencahayaan luar rumah sangatlah penting apabila di ruang tamu terdapat kaca jendela yang besar. Saat malam hari, Kaca jendela pada ruang tamu akan terlihat seperti bidang gelap jika tidak ada pencahayaan. Cukup dengan sedikit lampu sehingga terlihat cukup terang dari dalam.

 

Pencahayaan Tersembunyi

 

Teknik pencahayaan tersembunyi berfungsi untuk menonjolkan bentuk arsitektur dan menambah unsur misterius serta kedalaman, terutama untuk ruangan kecil. Cobalah untuk menggunakan skylight dengan berbagai desain pada atap rumah. Efek cahaya alami yang terbentuk sangat dramatis. Bovenlight  atau bukaan pada dinding atas juga dapat digunakan untuk mendapatkan efek dramatis dan juga memiliki fungsi sebagai ventilasi sederhana.

 

Tanpa Batas

 

Jangan takut untuk menggunakan jenis teknik yang sama dalam jumlah besar. Pencahayaan ini akan membuat ruangan terasa menyatu dengan menetapkan bidang datar atas dan berfungsi sebagai titik fokus mata. Teknik pencahayaan ini menerangi bidang horizontal di bawahnya dan menciptakan ruang yang samar – samar.

 

Teknik pencahayaan yang sudah kami jelaskan di atas akan terasa hasil maksimalnya bila diaplikasikan secara seimbang pada interior rumah anda. Dibutuhkan skill dan pengalaman dalam merancang pencahayaan interior yang sempurna. Oleh karena itu cobalah untuk menggunakan jasa desain interior medan yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam bidang perencanaan tata ruang.

 

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website